Selasa, 07 Februari 2017

Instrumen Penyusunan Rencana Kampanye Keselamatan Jalan

1. Identifikasi
Identifikasi pada penyusunan rencana kampanye adalah langkah dimana kita menentukan sasaran kampanye, contoh :
a. Orang dewasa dengan berbagai profesi
b. Remaja yang terpelajar atau tidak terpelajar
c. Anak - anak usia dini

2. Menyusun Profil Kelompok Sasaran Kampanye
Tahap ini dilakukan untuk menjelaskan siapa yang akan dituju, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
a. Usia
b. Pendidikan
c. Pekerjaan
Pada tahap ini, pemberi materi harus benar-benar memperhatikan faktor-faktor diatas, sehingga materi yang diberikan sesuai dan mudah diterima.

3. Menentukan Tujuan Kampanye Keselamatan Jalan
Menentukan tujuan kampanye adalah menentukan apa yang ingin dicapai dari kampanye yang dilakukan. Kenapa demikian? Tujuan kampanye penting untuk menentukan hasil yang akan dicapai, apakah kampanye dikatakan sukses atau tidak.

4. Menentukan Materi Kampanye Keselamatan Jalan
Materi kampanye ialah pesan yang akan disampaikan kepada sasaran kampanye.
a. Pesan berupa pesan kognitif, afektif, psikomotorik maupun kreatif. Sehingga dapat mempengaruhi dan mengajak sasaran kampanye.
b. Materi kampanye juga harus bersifat mengajurkan, melarang, memberitahu, mapupun menghibur sasaran kampanye.
c. Materi kampanye yang akan diberikan harus sesuai dengan profil sasaran kampanye, sehingga sasaran kampanye dapat menerima informasi dengan mudah dan dapat mengimplementasikannya.

5. Menentukan Bentuk dan Jenis Kampanye Keselamatan Jalan
Ada berbagai bentuk dan jenis kampanye yang dapat dilakukan, diantaranya :
a. Berdasarkan Teknik Komunikasi
    - Metode kampanye langsung
    - Metode kampanye tidak langsung
b. Berdasarkan Jumlah Sasaran
    - Pendekatan massal, dilakukan antara lain dengan cara siaran radio, siaran televisi, pemasangan poster/spanduk, kampanye, dll)
    - Pendekatan kelompok, antara penyuluh dengan sekelompok orang (diskusi, kursus, dll)
    - Pendekatan massal, langsung antara penyuluh dengan orang per orang.
c. Berdasarkan indera penerima
    - Indera penglihatan, melalui pemasangan poster/spanduk, penyebaran brosur,leaflet,majalah, dll
    - Indera pendengaran, melalui siaran radio, iklan radio, dll
    - Kombinasi indera penerima, yaitu melalui demonstrasi cara/hasil, pemutaran film, siaran televisi, dll

6. Menetukan Media Kampanye Keselamatan Jalan
Media kampanye dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu media cetak, media audio, audiovisual, dan bentuk obyek fisik. Dalam menentukan media yang dipergunakan harus menyesuaikan profil sasaran.

7. Menentukan Anggaran Kampanye
Menentukan anggaran sangat penting. Hal ini bertujuan agar setiap dana yang keluar sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, sehingga biaya yang keluar juga efektif

8. Evaluasi
Pada tahap akhir yang harus dilakukan adalah evaluasi. Dimana setiap tahap yang telah dilakukan dievaluasi atau diperiksa kembali untuk mencari kesalahan atau kekurangan yang ada sehingga dapat diperbaiki sebelum dilaksanakannya kegiatan kampanye keselamatan jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar